Senin, 31 Mei 2010

Campursari

campursari - bayuSOFT 


Istilah campursari dalam dunia musik nasional Indonesia mengacu pada campuran (crossover) beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Nama campursari diambil dari bahasa Jawa yang sebenarnya bersifat umum. Musik campursari di wilayah Jawa bagian tengah hingga timur khususnya terkait dengan modifikasi alat-alat musik gamelan sehingga dapat dikombinasi dengan instrumen musik barat, atau sebaliknya. Dalam kenyataannya, instrumen-instrumen 'asing' ini 'tunduk' pada pakem musik yang disukai masyarakat setempat: langgam Jawa dan gending.

Campursari pertama kali dipopulerkan oleh Manthous dengan memasukkan keyboard ke dalam orkestrasi gamelan pada sekitar akhir dekade 1980-an melalui kelompok gamelan "Maju Lancar". Kemudian secara pesat masuk unsur-unsur baru seperti langgam Jawa (keroncong) serta akhirnya dangdut. Pada dekade 2000-an telah dikenal bentuk-bentuk campursari yang merupakan campuran gamelan dan keroncong (misalnya Kena Goda dari Nurhana), campuran gamelan dan dangdut, serta campuran keroncong dan dangdut (congdut, populer dari lagu-lagu Didi Kempot). Meskipun perkembangan campursari banyak dikritik oleh para pendukung kemurnian aliran-aliran musik ini, semua pihak sepakat bahwa campursari merevitalisasi musik-musik tradisional di wilayah tanah Jawa. (wikipedia)

Salah satu lagu campursari yang dipopulerkan Mantous adalah Yen Ing Tawang Ono Lintang.



Yen ING Tawang ono lintang

Yen ing tawang ono lintang cah ayu
Aku ngenteni teka mu
Marang mego ing angkoso
Sung takok-ke pawartamu

Janji janji aku eleng cah ayu
Sumedot roso ing ati
Lintang lintang'e wingi wingi nimas
Tresna ku sundul ing ati

Ndek semono janjimu disekseni
Meg...o kartiko keiring roso tresno asih

Yen ing tawang ono lintang cah ayu
Rungokno tangis ing ati
Miraring swara ing ratri nimas
ngenteni bulan ndadari

song by : Anjar Any (piyantun tepus GK)
artis : Manthous (piyantun playen GK )

READ MORE - Campursari

Rabu, 26 Mei 2010

Hargodumilah, "Bukit Bintang" Gunungkidul

hargodumilah - bayuSOFT 


Hargodumilah, atau seing disebut sebagai "Bukit Bintang", merupakan suatu tempat di mana terhampar pemandangan kota djogja dan sekitarnya dari sini. Eksotisme yang terpampang di sela-sela perjalanan akan memaksa setiap orang untuk berhenti sejenak, menikmati luasnya mata memandang.

Pada saat siang hari, di mana sang mentari masih setia memandangi bumi Gunungkidul, Gunung Merapi,Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Sumbing berdiri tegak memamerkan keindahan di kejauhan sana. Dan takkan mengecewakan saat mengunjungi Hargodumilah di kala senja menyapa. Sunset di atas kota djogja tersenyum manis menggelorakan jiwa. Keindahan tanpa henti meski sang surya tak lagi mengudara karena kerlap-kerlip kota Yogyakarta datang menggantikan lengsernya sang senja yang terlelap di peraduannya.


Bukit Hargodumilah merupakan salah satu pesona Gunungkidul yang mendapat perhatian serius dari pemerintah. Ruas jalan di bukit ini diperluas sebagai arena parkir para pengunjung yang ingin mendalami keindahan dari bukit yang berbatasan dengan kabupaten Bantul ini. Bagi para pengunjung, jangan khawatir karena tidak membawa bekal, karena di kawasan Hargodumilah sudah berjejer mulai dari warung-warung kecil sampai restoran dengan nuansa romantis yang menyediakan kebutuhan kuliner anda.

Hargodumilah, tempat bagi anda yang ingin melepas sejenak beban setelah seharian beraktifitas. Sebuah tempat yang akan kembali menyegarkan jiwa dan hati. Bagi yang berasal dari luar Gunungkidul, bukit hargodumilah dapat dicapai melalui jalur berikut :
Dari kota jogja menuju Jl. Jogja-Wonosari --> Pasar Piyungan lurus, jalan mendaki --> Tikungan Bokong Semar --> Hargodumilah. Jarak Jogja - Hargodumilah kira-kira 20 km.





READ MORE - Hargodumilah, "Bukit Bintang" Gunungkidul

Selasa, 25 Mei 2010

Gatot, hitam lebih menggoda

gatot - bayuSOFT 


Gatot, sebuah makanan ringan atau jajanan khas gunungkidul. Gatot biasa dikonsumsi untuk menemani acara minum teh atau kopi. Sering dihidangkan untuk menjamu tamu yang berkunjung. Dulu, gatot dibuat untuk konsumsi pribadi, namun sekarang sudah menjadi komoditi yang diperjual belikan. Gatot dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional atau pusat oleh-oleh Gunungkidul.

Gatot adalah makanan yang terbuat dari gaplek (ketela/singkong yang dikeringkan) sama dengan tiwul. Ketela yang telah dikupas kemudian dijemur untuk dikeringkan sehingga menjadi gaplek. Namun untuk membuat gatot berkualitas, bukan sembarang gaplek yang dipakai. Para pedagang gatot yang biasanya merangkap sebagai pembuat (produsen) menggunakan gaplek yang (sengaja) dihujan-hujankan. Tujuannya untuk mendapatkan warna hitam khas gatot. "gatot ingkang sekeco ingkang wernan'e ireng" ujar mbah Mijem, salah satu penjual gatot di pasar Playen. Untuk mengantisipasi musim kemarau, maka biasanya pembuat gatot mempunyai stok bahan (gaplek yang kehujanan).

Cara pembuatan gatot sangat sederhana. Gatot yang sudah kering direndam selama 12 jam (semalam). Setelah dicuci bersih, gaplek dipotong kecil-kecil sesuai ukuran gatot, kemudian ditanak/dikukus selama sekitar 2 jam. Setelah masak, gatot ditempatkan di suatu wadah yang lebar biar cepat dingin. Untuk menghidangkan, gatot ditaburi dengan parutan kelapa ditambah sedikit gula dan garam. Perpaduan rasa kenyal gatot bercampur sedikit manis dan asin menambah eksotisme rasa makanan khas Gunungkidul ini.



READ MORE - Gatot, hitam lebih menggoda

Sabtu, 22 Mei 2010

Gunungkidul Handayani

gunungkidul handayani - bayuSOFT 


Gunungkidul, salah satu kabupaten di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta senantiasa berbenah dengan melaksanakan pembangunan yang berkesinambungan. Gunungkidul mulai bangkit dan bertekad untuk keluar dari kerbelakangan dan ketertinggalan dari daerah-daerah lain. Dalam pelaksanaan pembangunan, kabupaten Gunungkidul mempunyai slogan atau semboyan, yakni Gunungkidul Handayani.

H - Hijau
Gunungkidul yang mengHijau menjadi impian masyarakat. Menepis segala pandangan miring tentang tanah kelahiran tercinta.

A - Aman
Situasi yang aman dan kondusif memcerminkan keramahan dan kesantunan. Keamanan akan menunjang aktifitas semua warga. Warga Gunungkidul cinta damai.

N - Normatif
Segala tindakan, baik masyarakat maupun aparatur pemerintah selalu selaras dengan norma dan hokum yang berlaku. Semangat untuk menciptakan pemerintahah yang bersih (Clean Government) dan masyarakat yang sadar hukum.

D - Dinamis
Pembangunan Gunungkidul yang dilaksanakan oleh segenap masyarakat dengan penuh semangat menuju perubahan yang lebih baik.

A - Amal
Segenap masyarakat Gunungkidul tak lupa untuk selalu beramal dan berbuat luhur berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Yuhan Yang Maha Esa.


Y - Yakin
Keyakinanan akan kemampuan yang dimiliki untuk berkembang dan membangun demi kemajuan Kabupaten Gunungkidul.


A - Asah Asih Asuh
Mengembangkan sikap yang mendidik dengan penuh rasa kasih sayang agar masyarakat mejadi mandiri.

N - Nilai Tambah
Hasil dari setiap usaha diharapkan selalu mempunyai nilai tambah sehingga dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


I - Indah
Segenap masyarakat Gunungkidul hendak menyingkap tirai yang selama ini menutupi keindahan Gunungkidul. Eksotisme terpendam hendaknya dikelola dengan baik sehingga keindahan yang ada di Gunungkidul dapat dikenal dunia.

Suatu slogan atau semboyan yang senantiasa mengiringi perjalanan pembangunan kabupaten Gunungkidul. Sebuah mimpi yang takkan selalu dikejar sebagai suatu keberhasilan pembangunan.
READ MORE - Gunungkidul Handayani

Rabu, 19 Mei 2010

Kawasan Wisata Hutan Wanagama

hutan wanagama wisata alam - bayuSOFT 


Wanagama, nama yang berasal dari kata wana = alas atau hutan dan gama akronim dari gajah mada, sebuah kawasan hutan lindung seluas 600 hektar di wilayah kabupaten Gunungkidul. Luas Wanagama meliputi empat desa di dua kecamatan yang berbeda, yakni kecamatan Patuk dan Playen. Hutan yang ikut serta berperan menghijaukan Gunungkidul ini mulai dirintis pada tahun 1964 oleh Prof. Oemi Hani'in Suseno, salah satu akademisi Universitas Gajah Mada yang dengan sukarela menggunakan uang pribadinya untuk memulai proyek penghijauan ini. Langkah yang telah dirintis oleh Prof. Oemi ini mendapat sambutan positif berbagai pihak sehingga kini lahanya menjadi seluas 600 hektar.

Kawasan Hutan Wanagama mempunyai kekayaan Flora dan Fauna. Berbagai tanaman dari beberapa daerah dapat dijumpai di sini. Lengkapnya ada sekitar 550 jenis tanaman. Di antaranya, pohon akasia, pohon yang banyak digunakan dalam industri kertas, Pohon Kayu putih, sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih, Pohon pinus yang biasanya dijumpai di Sumatera, Pohon Eboni yang berasal dari Sulawesi, pohon Murbei, pohon wangi dan Pohon Jati. Salah satu di antara pohon jati di hutan ini mempunyai sejarah yang tentu saja membanggakan. Pohon ini di tanam oleh Pangeran Charles saat beliau berkunjung pada tahun 1989. Selain itu aneka fauna hidup tenteram di kawasan hutan lindung yang saat ini menjadi pusat penelitian fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Berbagai repilia khas penghuni hutan, unggas dan kera.

Di dalam kawasan hutan Wanagama dibangun sebuah aula atau pendopo yang sering digunakan untuk berbagai acara dan sebagai tempat peristirahatan para wisatawan. Terdapat juga tempat perkemahan dengan sarana pendukung yang cukup lengkap seperti air yang bersih untuk MCK, listrik, dan keamanan yang terjamin.

Hutan lindung yang dialiri tiga sungai (kalii Oya, Sendang Ayu, dan Banyu Tibo). Sungai yang menyuplai kebutuhan air bagi penghuni kawasan hutan lindung yang juga berfungsi sebagai hutan wisata ini. Hutan Wanagama, sebuah kawasan yang mencerminkan bentuk kepedulian kepada alam, fasilitas wisata, dan penunjang ekonomi masyarakat sekitar.

Kawasan ini mempunyai koleksi lebih dari 550 jenis tanaman hutan. Di dalamnya terdapat pula beragam jenis binatang unggas, kera, serta binatang reptilia khas penghuni hutan. Di sini dibangun pula gedung serbaguna yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang kuliah maupun berbagai acara lainnya.

READ MORE - Kawasan Wisata Hutan Wanagama

Minggu, 16 Mei 2010

Grup Facebook Wisata Gunungkidul

facebook - bayuSOFT 


Gunungkidul, masih saja kekeringan, ketertinggalan dan kemiskinan yang terlintas dalam benak orang yang mendengar nama ini. Segala bentuk ketertinggalan peradaban modern di alamatkan ke kabupaten paling selatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Sampai kapan imej negatif ini kan tertanam?

Sebuah Grup Facebook, Wisata Gunungkidul. Sebagai upaya untuk memberikan informasi seputar keindahan yang tersembunyi di balik kesan Gunungkidul yang tertinggal sebagai korban pemberitaan yang tak seimbang. Grup ini telah beranggotakan lebih dari 10.000 orang. Sebuah apresiasi yang luar biasa atas informasi eksotisme terpendam dari sebuah daerah bernama Gunungkidul.

Grup Facebook Wisata Gunungkidul secara berkala mengadakan acara piknik bareng ke tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten yang beribukota Wonosari ini. Bersama-sama menyibak keelokkan yang selama ini tersembunyi. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat mempererat semangat kekeluargaan sesama pecinta dunia wisata khususnya di Gunungkidul. Menyebarkan informasi positif tentang tanah kelahiran sehingga orang-orang di luar sana tidak memandang sebelah mata terhadap Gunungkidul.

Dalam tubuh ku mengalir darah asli Gunungkidul, tak ada halangan bagiku untuk berkarya. Semangat pantang menyerah yang di wariskan leluhur, jiwa ramah terhadap sesama, unggah-ungguh tetap terjaga. Aku bangga sebagai PUTRA GUNUNGKIDUL.

READ MORE - Grup Facebook Wisata Gunungkidul

Kamis, 13 Mei 2010

Pesona Pariwisata Nusantara Indonesia

pesona pariwisata nusantara indonesia - bayuSOFT 


Pesona Pariwisata Indonesia

Sumatra
Wisata Aceh

Wisata Sumatra Utara

Wisata Sumatera Barat
* Goa (Lobang) Jepang - Bukit Tinggi

Wisata Riau

Wisata Jambi

Wisata Bengkulu

Wisata Sumatera Selatan

Wisata Bangka-Belitung

Jawa

Wisata Jawa Barat

Wisata Jakarta

Wisata Jawa Tengah

Wisata Yogyakarta

Wisata Jawa Timur

Wisata Madura

Bali

Nusa Tenggara

Kalimantan

Sulawesi

Maluku

Papua

Gunungkidul
READ MORE - Pesona Pariwisata Nusantara Indonesia

Potensi Pariwisata Sumatra Selatan

potensi pariwisata sumatera selatan - bayuSOFT 


Sumatera Selatan, salah satu propinsi di Pulau Sumatera yang beribukota di Palembang. Tempat di mana kerajaan Sriwijaya mengepakkan saya kejayaan di seantero nusantara. Sebuah kota yang terkenal dengan makanan khas empek-empek palembang, kerupuk ikan palembang dan tempat kokoh berdirinya jembatan Ampera yang terkenal.

Sumatra Selatan, mempunyai potensi pariwisata yang tek terhingga. Baik itu wisata budaya, wisata kuliner maupun wisata alam. . Sumsel memiliki obyek wisata berupa gunung-gunung dengan flora dan fauna yang beragam, di antaranya Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); sungai, danau, garis pantai yang sangat panjang, dan aneka ragam tradisi serta budaya yang unik dan menarik.

Wisata alamnya adalah Danau Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin. Panorama pantainya antara lain pantai Parai Tenggini, pantai Matras di Pulau Bangka, dan pantai Pasir Padi di Pulau Belitung. Panorama air terjun terdapat di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. Wisata budayanya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas, pemukiman suku terasing Anak Dalam dan Kubu. Wisata sejarahnya antara lain situs Sri Wijaya berupa batu purbakala, patung kuno, dan museum di Palembang, kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak.

Sebuah eksotisme pariwisata yang jika dikembangkan dan dikelola dengan baik akan dapat memberikan sumbangsih yang sangat berarti dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semoga, Sumatra Selatan menjadi sebuah tempat tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, mengikuti jejak Bali sebagai sebuah "surga" bagi para wisatawan.

Sumber : http://indonesia.go.id
READ MORE - Potensi Pariwisata Sumatra Selatan

Minggu, 09 Mei 2010

Pesona Wisata Gunungkidul

Daftar Pesona Wisata Gunungkidul :

Wisata Alam
  • Hutan Tleseh
  • Hutan Wanagama
  • Hutan Sodong
  • Hutan Bunder
  • Kali Suci
  • Hargodumilah
  • Gunung Nglanggeran
  • Gunung Gambar
  • Gunung Batur
  • Sumber Ponjong
  • Watulawang Resort
  • Watu Dakon
  • Waduk Beton
  • Lembah Ngingrong
Wisata Pantai
Wisata Gua
Wisata Seni dan Budaya
  • Rasulan
  • Campur Sari
  • Topeng Bobung
  • Gejog Lesung
  • Rinding Gundeng
Wisata Kuliner
Hotel/Penginapan
Wisata Sejarah
Wisata Religi/Spiritual
  • Masjid Agung Al-Ikhlas
  • Mbang Lampir
  • Makam Ki Ageng Giring Sodo
Pusat Oleh-Oleh Khas Gunungkidul
READ MORE - Pesona Wisata Gunungkidul

Kamis, 06 Mei 2010

Ungkapan Rindu Putera Gunungkidul

ungkapan rindu putra gunungkidul - bayuSOFT 


Dan ketika jiwa ini merindukan betapa ramah engkau kepada ku, mengiringi tumbuh kembangkan segala kemampuan yang dipelajari dari alammu yang sedemikian keras, hanya yang berjiwa keras pantang menyerah, mampu melewatinya. Dan kini, 9 tahun sudah aku merantau, meninggalkan kampung halaman tercinta, tempat aku dilahirkan, tempat aku dibesarkan. Meniti masa kanak-kanak, menimba ilmu tuk bekal hidupku kini dan di masa yang akan datang. GUNUNGKIDUL.

Tak pernah ku malu tuk mengungkap asalku, meski mereka berasumsi bahwa gunungkidul adalah kekeringan. Namun perlu mereka ketahui, di sinilah negerinya para pekerja keras. Kami dianugerahi jiwa pantang menyerah, alam yang sebenarnya kaya akan pariwisata. Pantai yang indah dan perawan, gua seropan yang menyimpan berbagai keajaiban alam dengan sungai bawah tanah yang mengalir jernih.

Kata orang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Kami tanam apapun yang bisa menopang kehidupan, meskipun di lahan bebatuan, karena kami berpantang, ngemis di lampu merah mengharap belas kasihan. Kan kami peras keringat kami sampai kering, kan kami banting tulang hingga berserakan, namun takkan pernah kami jual harga diri dan kehormatan.

Aku bangga sebagai PUTRA GUNUNGKIDUL
READ MORE - Ungkapan Rindu Putera Gunungkidul

Sabtu, 01 Mei 2010

Kontes Seo Blogger Bertuah

ungkapan rindu putra gunungkidul - bayuSOFT 


Gelaran Kontes SEO Bertuah dengan tajuk Bukan Sekedar Blogger Bertuah telah usai sudah. Wahana belajar bersama Komunitas Blogger Bertuah yang diselenggarakan selama sebuan sudah usai seminggu yang lalu. Selamat kepada para pemenang, bagi yang belum menjadi pemenang jangan bersedih hati, karena kontes ini bertujuan sebagai sarana belajar dan sharing ilmu.

Adapun pemenang kontes di mana Wisata Gunungkidul menjadi salah satu sponsor adalah sebagai berikut :

Pemenang Pertama :
TUKIRAN
manajemenemosi.blogspot.com

Pemenang II
ZAIFUL ANWAR
www.zaifulanwar.com

Pemenang III
LAKSAMANA EMBUN
laksamana-embun.blogspot.com

Pemenang IV
ALFI FADLAN
alfi-fadlan.blogspot.com

Pemenang V
DHARMA SAPUTRA
www.darma-saputra.co.cc

Pemenang VI
Mba HESTY
h35ti.blogspot.com

PEMENANG VII
DODY EKA PUTRA
www.dodyekaputra.com

PEMENANG VIII
TIRTA FAJRI
www.tirta-fajri.net

PEMENANG IX
CHARLES SIMANJUNTAK
www.decharvi.web.id

PEMENANG X
FAUZI BLACK_ID
novaozy.blogspot.com

Sekali lagi selamat kepada para pemenang, semoga kontes ini menjadi media sharing ilmu sesama anggota Blogger Bertuah, Komunitas Blogger Pekanbaru. Dan saat ini, datuk bertuah sedang mengikuti kontes SEO NegeriAds.Com Solusi Berpromosi, semoga sang Datuk berhasil menunjukkan kenekadannya di ajang ini.
READ MORE - Kontes Seo Blogger Bertuah

Indonesia - Asia Tourism News

Loading...

Populer

ContactMe

Admin WisataGunungkidul.Com dapat dihubungi melalui FORM di bawah ini atau via email : profijo@gmail.com
Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Forum

 

Recent Comments

Site's Info

Wisatawan

Template by NdyTeeN