Angkringan “Lek Idi” Nogosari

Posted on
Angkringan, artinya tempat duduk dengan santai. Sebuah gerobak dorong yang berfungsi sebagai meja bagi para pembeli, sekaligus sebagai tempat masak wedang khas angkringan, kopi, teh dan jahe yang diletakkan di atas tungku agar senantiasa panas saat dihidangkan.

Angkringan biasanya mulai buka sore hari sampai tengah malam atau dini hari malahan. Adapun menu makanan khas yang disajikan adalah nasi kucing, nasi bungkus porsi kecil yang ditaburi sayur atau sambal kering, gorengan (mendoan, bakwan, tahu susur, tahu bacem), sate usus, kepala dan ceker ayam.

Salah satu angkringan di Gunungkidul yang layak dikunjungi adalah Angkringan Lek Idi yang terletak di Nogosari I, Bandung, Playen, Gunungkidul, kira-kira 500 m dari Pertelon Gading ke arah Playen. Angkringan yang berada di samping pos ronda ini menawarkan suasana yang nyaman, makanan dan minuman yang tidak mengecewakan. Tidak usah khawatir mengenai harga, seperti halnya angkringan pada umumnya, sangat ramah di kantong 🙂

Mempersiapkan dagangan. Mayoritas makan dan minuman di masak di tempat.

Lek Idi , sedang menunggu pelanggan datang sambil duduk santai

Keripik kulit melinjo, salah satu makanan khas di Angkringan Lek Idi

Ati-ampela, tahu bacem, kepala ayam, sate usus, menu khas angkringan
Mendoan dan bakwan, teman ngopi, ngeteh atau nge-jahe yang pas

Kehangatan Lek Idi kepada semua pelanggannya, membuat suasana semakin akrab, hingga kunjungan ke angkringan bukan sekedar agenda mengisi perut semata, namun juga ngobrol santai ngalor-ngidul hingga membuat waktu tak terasa berlalu…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *