Kalimantan, Eksotisme di ambang kepunahan

Posted on

wisata kalimantan – bayuSOFT 

Pulau kalimantan eksotisme keperawanan alam diambang kepunahanKalimantan, salah satu pulau terbesar di Indonesia. Pulau yang mempunyai beberapa nama lain seperti Borneo, Bakulapura, Tanjungpura,Tanjung nagara, hujung tanah, nusa kencana, pulau banjar, jawa besar (Marcopolo)dan Jabe deje ini meliputi 3 negara, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Kalimanatan dalam Geografi :

Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara pulau Jawa, sebelah timur Selat Melaka, sebelah barat pulau Sulawesi dan sebelah selatan Filipina. Luas pulau Kalimantan adalah 743.330 km².Pulau Kalimantan dikelilingi oleh Laut Cina Selatan di bagian barat dan utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.

Gunung Kinabalu (4095 m) yang terletak di Sabah, Malaysia ialah lokasi tertinggi di Kalimantan.

Sungai-sungai terpanjang di Kalimantan adalah Sungai Kapuas (1143 km) di Kalimantan Barat, Indonesia, Sungai Barito (880 km) di Kalimantan Tengah, Indonesia, Sungai Mahakam (980 km) di Kalimantan Timur, Indonesia, Sungai Rajang (562,5 km) di Serawak, Malaysia. (wikipedia)

Kalimantan yang merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbagi menjadi 4 Propinsi, yaitu :

* Kalimantan Tengah –> ibu kota Palangkaraya

* Kalimantan Timur –> ibu kota Samarinda

* Kalimantan Selatan –> ibu kota Banjarmasin

* Kalimantan Barat –> ibu kota Pontianak

Sedangkan yang merupakan bagian dari Malaysia terbagi menjadi 3 negara bagian, yaitu :

* Sarawak

* Sabah

* Wilayah Persekutuan Labuan (di lepas pantai Sabah)

Wilayah kalimantan terdiri dari luasnya hutan yang masih perawan, merupakan habitat asli dari satwa-satwa yang sekarang semakin langka seperti orang utan, gajah borneo, badak borneo dan sekarang terancam punah karena pembabatan hutan secara liar tanpa mempertimbangkan faktor keseimbangan alam. Potensi alam yang semestinya menjadi potensi wisata alam handal tinggal menunggu saat kehancuran jika tidak diperhatikan mulai dari sekarang. Kebhinekaan akan budaya dari berbagai suku bangsa **[Banjar · Tionghoa · Punan · Bugis · Madura · Jawa · Melayu

Mali · Sambas · Pesaguan · Iban · Mualang · Kanayatn · Seberuang · Mayau · Uheng Kereho · Hovongan · Bidayuh

Ngaju · Dayak Sampit · Maanyan · Lawangan · Taboyan · Dusun Witu

Dayak Meratus · Dusun Deyah · Bakumpai · Abal · Berangas · Mandar · Dayak Pitap · Maanyan Tanta · Bugis Pagatan · Cina Parit · Bajau Rampa Kapis · Dusun Balangan · Dayak Samihim Kutai · Paser · Tidung · Benuaq · Tunjung · Wehea · Kenyah · Berau · Bulungan · Kayan · Bajau · Bahau]** yang berdiam menempati pulau ini melahirkan berbagai budaya, adat istiadat yang melimpah yang memperkaya khazanah budaya bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *