Potensi Pariwisata Sumatra Selatan

Posted on

potensi pariwisata sumatera selatan – bayuSOFT 

Sumatera Selatan, salah satu propinsi di Pulau Sumatera yang beribukota di Palembang. Tempat di mana kerajaan Sriwijaya mengepakkan saya kejayaan di seantero nusantara. Sebuah kota yang terkenal dengan makanan khas empek-empek palembang, kerupuk ikan palembang dan tempat kokoh berdirinya jembatan Ampera yang terkenal.

Sumatra Selatan, mempunyai potensi pariwisata yang tek terhingga. Baik itu wisata budaya, wisata kuliner maupun wisata alam. . Sumsel memiliki obyek wisata berupa gunung-gunung dengan flora dan fauna yang beragam, di antaranya Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); sungai, danau, garis pantai yang sangat panjang, dan aneka ragam tradisi serta budaya yang unik dan menarik.

Wisata alamnya adalah Danau Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, dan Musi Banyuasin. Panorama pantainya antara lain pantai Parai Tenggini, pantai Matras di Pulau Bangka, dan pantai Pasir Padi di Pulau Belitung. Panorama air terjun terdapat di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. Wisata budayanya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas, pemukiman suku terasing Anak Dalam dan Kubu. Wisata sejarahnya antara lain situs Sri Wijaya berupa batu purbakala, patung kuno, dan museum di Palembang, kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak.

Sebuah eksotisme pariwisata yang jika dikembangkan dan dikelola dengan baik akan dapat memberikan sumbangsih yang sangat berarti dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semoga, Sumatra Selatan menjadi sebuah tempat tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, mengikuti jejak Bali sebagai sebuah “surga” bagi para wisatawan.



Sumber : http://indonesia.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *