Sentra Perajin Gula Kelapa di Gunungkidul

Posted on

gula kelapa – bayuSOFT 

Tipe tanah di wilayah kabupaten Gunungkidul sangat cocok untuk tumbuh dan berkembangnya pohon kelapa. Pohon yang dari ujung akar sampai pucuk daunnya memiliki guna ini banyak betebaran menghiasi bumi Gunungkidul.

Dari sekian banyak manfaat yang bisa dipetik dari pohon kelapa, adalah nira kelapa, bahan baku pembuatan gula kelapa, paling banyak digunakan sebagai usaha penyokong ekonomi masyarakat Gunungkidul. Namun, selama ini para perajin seakan berjalan sendiri tanpa bimbingan dari dinas terkait, sehingga hasilnya pun kurang optimal.

Oleh karena itu, Bupati Gunungkidul, Bapak Suharto SH mencanangkan 3 dusun di desa Banyusoco (Dusun Sawah Lor, Dusun Gedad, dan Dusun Klepu) sebagai sentra perajin gula kelapa. Koperasi para perajin pun diresmikan untuk menaungi usaha mereka. Koperasi Nira Tri Rahayu, menjadi wadah bagi para perajin gula kelapa desa banyusoco untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan modal, sumber daya dan pemasaran produk.

Mudah-mudahan, pencanangan ini diikuti dengan bimbingan lebih lanjut agar gula kelapa dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat di kabupaten Gunungkidul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *