Sulawesi, Potensi Wisata yang Terpendam

Posted on

potensi wisata sulawesi – bayuSOFT 

pulau sulawesi bukan hanya bunaken namun masih banyak potensi wisata yang terpendamBunaken, keindahan alam bawah laut inilah yang akan terbayang di benak ketika pulau ini disebutkan. Padahal masih ada Tanah Toraja, pantai Losari dan tempat wisata yang lainnya. Sulawesi, pulau terbesar keempat di Indonesia ini merupakan pulau di mana Sultan Hasanuddin lahir dan menjalani perjuangan melawan penjajah. Secara geografis, pulau ini berbatasan dengan Filipina di utara, Flores di selatan, Kalimantan di barat dan Maluku di timur. Pulau Sulawesi terbagi menjadi 6 propinsi yaitu Gorontalo, Sulawesi selatan, Sulawesi barat, Sulawesi tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi utara.

Pulau yang sebenarnya menyimpan berjuta potensi pariwisata. Bagaimana tidak, pulau yang menyerupai huruf “K” ini mempunyai garis pantai yang panjang, menyajikan pemandangan yang mengumbar kemesraan laut dan daratan. Namun sayang, media masih terlalu pelit mengekspos keindahan yang menakjubkan ini. Belum lagi gunung-gunung yang menjulang, seolah tenggelam di keriuhan bromo dan gaung jayawijaya. Ada beberapa gunung di Sulawesi yang jika dikelola dengan baik akan menjadi tujuan wisata yang menakjubkan. Terdapat beberapa gunung di pulau ini, diantaranya Gunung Lokon (1.689 m), Gunung Klabat, Gunung Soputan, Gunung Mekongga (2.620 m),Gunung Mahawu, Gunung Bawakaraeng (2.705 m) dan Gunung Latimojong (3.680 m.

Seperti halnya potensi wisata Gunungkidul, Eksotisme pulau ini masih terpendam, belum dieksplorasi secara benar. Kapan daerah-daerah terpencil dengan keindahan alam ini akan terbebas dari isolasi batas informasi? Seandainya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *